Jika Berkunjung Jangan Lupa Meninggalkan Jejak Di BUKU TAMU INI... :)
Buku Tamu

Jangan Mencelup Kantong Teh Lebih Dari 3 Menit








Teh telah diakui di beberapa negara dunia yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Teh juga telah menjadi konsumsi bagi masyarakat, sebagai salah satu minuman sehari - hari yang memberi rasa segar dan nyaman.


Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.


Teh dikemas dalam bentuk teh celup juga teh bubuk. Namun, ada yang perlu diperhatikan pada teh celup, yaitu dalam pemakaiannya. Teh celup sebaiknya tidak dicelupkan terlalu lama. Ini berlaku untuk semua teh, berwarna maupun teh hijau.


Ini disebabkan adanya kandungan zat klorin dalam kantong kertas teh celup. Zat ini fungsinya untuk disinfektan kertas, sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Kertas dengan klorin tampak lebih bersih. Karena disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya.


Tak jauh beda dari racun serangga. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker. Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama.


Jika mencelup kantong teh lebih dari 3 - 5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh. Dan banyak khasiat teh yang tertinggal dalam minuman teh. Agar terhindar dari kemungkinan - kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.


Suara Rakyat Kaskus


Originally Posted by aesculaepius
ni ane tambahin gan...


ternyata, jumlah kafein yg terkandung dalam 1 gram teh dibandingkan dengan 1 gram kopi: jumlah kafein pada teh lebih banyak gan


namun, hal biasanya konsumsi teh tidak sepekat kopi...


tapi, hal ini berubah jika kita terlalu lama mencelup teh. kafein tersebut lebih banyak keluar (teh menjadi lebih pekat)


NB: kafein mempengaruhi kontraksi dan aktivitas jantung...
jadi ngga baik tuk org2 yg memiliki gangguan jantung, atau org tua yg jantungnya tidak sekuat usia muda
Quote:
Originally Posted by Albrastos
Ane pernah nonton di TV gan, kalo ga salah inget di Trans7, acara jalan-jalan. Kebetulan waktu itu episodenya ada yg kunjungan ke cafe yg nyuguhin teh. Nah, kata yg punya toko, bagusnya kalo nyeduh teh itu jgn lama-lama, paling lama 30 detik. Kenapa cuma 30 detik? Hal ini untuk menjaga cita rasa dan kandungan manfaat dari teh itu sendiri gan.


Kalo kelamaan katanya malah terlalu banyak kandungan tannin yg larut, dan itu justru bisa menimbulkan efek negatif. Jadi bukannya sehat, malah bisa sakit. Kalo teh celup, setelah di seduh 30 detik, bisa di tiriskan supaya kering. Nanti bisa diseduh lagi sampe 2-3x lagi. Kalo teh seduh/tubruk, langsung buru" disaring kalo udah 30 detik. Kalo kelamaan tandanya bisa tau dari rasanya yang terlalu sepet (kebanyakan tannin). Jadi teh yg bagus itu yg gak sepet rasanya (hati" juga nih ama teh-teh botolan yg sepet gan).


Jadi, kalo nyeduh teh jgn ditinggal direndem dalem pocinya gan, kek di iklan-iklan. Tp langsung diangkat kalo waktu udah 30 detik dan warna udah berubah.


CMIIW



Setelah Membaca Artikel Jangan Mencelup Kantong Teh Lebih Dari 3 Menit jangan lupa klik LIKE yaa.. dan Semoga bermanfaat bagi sobat . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar atau di Buku Tamu. Sertakan link di bawah ini bila anda ingin COPAS.



0 komentar:

Posting Komentar