Jika Berkunjung Jangan Lupa Meninggalkan Jejak Di BUKU TAMU INI... :)
Buku Tamu

Kompress CSS Percepat Loading Blog



CSSAda beberapa hal yang mempengaruhi loading suatu blog, selain pemakaian kode HTML dan Javascriptyang berlebihan yang tentunya akan membuat loading blog jadi lambat, pengaturan atau pemakaian kode cssyang salah juga berpengaruh terhadap loading blog.

Jika sobat banyak menggunakan kode HTML atau javascript dan diletakkan di sidebar sebelah kiri, itu akan membuat loading blog terasa sangat berat, kenapa ?
karena browser selalu membaca blog berurutan dari kiri atas sampai kiri bawah, kemudian akan berlanjut ke bagian kanan atas sampai kanan bawah, dan bagian footer atau bawah blog tentunya yang akan kebagian terbaca paling akhir.

Jadi saya sarankan gunakanlah template dengan kolom postingan yang terletak di sebelah kiri, atau jika sobat menggunakan sidebar di sebelah kiri, usahakan jangan terlalu banyak memakaikode HTML atau Javascript di sebelah kiri karena akan membuat loading blog jadi sangat berat.

Berlanjut pada topik utama kita, kompress kode css ini bisa kita lakukan secara manual maupun dengan menggunakan tools kompress css yang sekarang sudah banyak tersedia di internet. Saya akan berikan contoh kasusnya, perhatikan kode css berikut ini :

a:link { 
color:#006699;  text-decoration:none; 
}
a:visited { 
color:#006699;  text-decoration:none; 
}
a:hover { 
color:#006699;  text-decoration:underline; 
}
#main .post-body a:link { 
color:#006699;  text-decoration:underline; 
}
#main .post-body a:visited { 
color:#006699;  text-decoration:underline; 
}
#main .post-body a:hover { 
color:#006699;  text-decoration:none; 
}
kode css diatas adalah kode standard yang biasa sobat jumpai di HTML template, jika saya kompress secara manual maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

a:link,a:visited,#main .post-body a:hover { 
color:#006699; 
text-decoration:none 
}
a:hover,#main .post-body a:link,#main .post-body a:visited { 
color:#006699; 
text-decoration:underline 
}
apa yang membedakan kedua bagian diatas ? jika sobat cermat melihat seluruh kode css yang paling atas (sebelum saya kompress) bahwa semua bagian dalam kurung {....} yang membedakan hanya dua bagian yaitu pada penulisan text-decoration:none dan text-decoration:underline. Pemakaian spasi juga sangat berpengaruh dalam penulisan css, jika saya rapatkan maka hasilnya menjadi seperti berikut ini :

a:link,a:visited,#main .post-body a:hover{color:#006699;text-decoration:none} 
a:hover,#main .post-body a:link,#main .post-body a:visited{color:#006699;text-decoration:underline}

Untuk mengkompress kode css pada template, sobat tidak perlu susah payah mengkompress-nya secara manual, karena sekarang sudah banyak tools gratisan yang menyediakan fasilitas kompress css, salah satu yang biasa saya gunakan adalah  situs http://www.csscompressor.com

  1. Untuk mengkompress css-nya silahkan kunjungi situs tersebut.

  2. Kemudian pada halaman depan, ada pilihan jenis kompress dari yang low, standard, highsampai highest, kemudian masukkan kode css milik sobat kedalam kotak kosong yang tersedia lalu klik compress.

    css 1

  3. Maka akan terlihat hasil kompress dibawahnya, seperti pada gambar berikut

    css 2

  4. Kemudian klik Select All dan copy semua kode yang sudah di kompress tadi.
Ada banyak tools lainnya yang bisa sobat coba, sobat bisa cari di search engine..oke sob, selamat mengkompress ria, semoga dengan di kompress-nya kode css blog sobat akan menjadi lebih enteng..Open-mouthed



Setelah Membaca Artikel Kompress CSS Percepat Loading Blog jangan lupa klik LIKE yaa.. dan Semoga bermanfaat bagi sobat . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar atau di Buku Tamu. Sertakan link di bawah ini bila anda ingin COPAS.



0 comments:

Post a Comment